Rabu, 27 April 2011

Kasus FBI yang Belum Terpecahkan

Apakah kamu memiliki otak yang encer dan mahir dalam memecahkan sandi? Jika iya, maka mungkin kamu dapat membantu Badan Investigasi Federal (FBI) untuk memecahkan kasus berikut.
Pada tanggal 30 Juni 1999, seorang petugas sheriff di wilayah St. Louis, Missouri, Amerika Serikat menemukan tubuh Ricky McCormick yang saat itu berusia 41 tahun tidak bernyawa. Ia telah dibunuh dan jasadnya dibuang di lapangan. Satu-satunya petunjuk dari pembunuhan ini ialah dua lembar kertas berisikan sandi yang ditemukan di saku celana korban.
Meskipun tim CRRU (Cryptanalysis and Racketeering Records Unit) milik FBI telah bekerja keras dengan bantuan American Cryptogram Association, hingga hari ini arti dari kedua lembar sandi tersebut belum dapat dipecahkan dan pembunuh Ricky McCormick masih belum diadili.
“Kami sangat baik dalam memecahkan sandi,” ujar Dan Olson, Kepala CRRU, “namun kami membutuhkan bantuan untuk yang satu ini.”
Bahkan, sandi ini merupakan salah satu kasus utama CRRU yang belum terpecahkan. Dan Olson berkata, “Memecahkan kode dapat mengungkapkan keberadaan korban sebelum kematiannya dan dapat mengarahkan kami pada solusi kasus pembunuhan ini.”
Agar kasus ini dapat bergerak ke tahap selanjutnya, para penguji membutuhkan sandi lain yang pernah dibuat Ricky McCormick sebelumnya, sehingga dapat dibandingkan dengan sandi tersebut. Menurut keluarganya, Ricky telah membuat catatan-catatan dalam bentuk sandi sejak ia masih kecil. Namun tidak ada seorang anggota keluarga pun yang mengetahui artinya. Para penyelidik percaya kedua lembar sandi tersebut dibuat sampai dengan tiga hari sebelum kematiannya.
Selama bertahun-tahun para penguji CRRU telah mencoba berbagai macam teknik memecahkan sandi pada sandi Ricky McCormick, namun belum juga mampu untuk memecahkannya.
Berikut kedua lembar sandi tersebut.
 
Tidak ada hadiah yang ditawarkan kepada publik yang ingin memecahkan sandi tersebut. Yang ditawarkan hanyalah sebuah tantangan. Jika kamu memiliki ide bagaimana cara memecahkan sandi tersebut atau pernah melihat sandi yang sejenis, kamu dapat mengirimnya ke:
FBI Laboratory
Cryptanalysis and Racketeering Records Unit
2501 Investigation Parkway
Quantico, VA 22135
Attention: Ricky McCormick Case

Tidak ada komentar:

Posting Komentar