Kamis, 27 Juni 2013

Daftar Fenomena Astronomi pada Juni 2013

Berikut ini adalah beberapa even atau fenomena astronomi yang akan terjadi bulan Juni 2013

1. Bulan Baru Juni 2013

Sabtu, 8 Juni, 11:56 EDTBulan tidak terlihat pada tanggal tersebut karena terlalu dekat dengan matahari, tetapi dapat dilihat rendah di timur sebagai sabit sempit sebelum matahari terbit.


2. Bulan Kuartal Pertama



Minggu, 16 Juni, 13:24 EDTKuartal pertama bulan terbit sekitar pukul 01:15 dan terbenam sekitar 01:30 Bulan ini akan mendominasi langit malam.


3 . Bulan Purnama


Minggu, 23 Juni07:32 EDT. Bulan purnama bulan Juni biasanya disebut Mead bulan,Strawberry Moon, Rose Bulan atau Guntur bulan.
Dalam Cree disebut Sagipukawipizun,yang berarti "ketika bulan keluar".Nama lainnya adalah Honey Moon, Hot Moon, danPenanaman Moon. Dalam bahasa Hindi juga dikenal sebagai Wat Poornima.Dalam bahasa Sinhala (BuddhaNamanya Poson. Bulan purnama naik sesaat matahari terbenam,bulanmenghabiskan setidaknya beberapa waktu di langit siang hari.

4. Kuartal Terakhir Bulan


Minggu, 30 Juni12:53 EDTIni adalah kuartal terakhir bulan di bulan ini.Tebit 
sekitar 12:45 dan terbenam sekitar pukul 2:15 Fenomena ini paling mudah dilihat setelahmatahari terbit di langit selatan.

5.  Merkurius di Elongasi Timur, Juni 2013


Rabu, 12 Junisetelah matahari terbenamMerkurius akan berada di posisi terbaik 
untuk di observasi malam hanya matahari terbenam.Planet ini akan tampak baik di belahan bumi selatansedangkan di utara akan tampak kurang bagus karena Merkurius akan sangat rendah di cakrawala.

6.  Bulan Dibingkai oleh Saturnus dan SpicaJuni 2013
http://astronesia.blogspot.com/

Selasa, 18 Junimalam. Saturnus, bulan, dan Spica semuanya berbaris dan anda akan sangat mudah untuk melihatnya.Pengamat di bagian utara Amerika Selatan dan Afrika Tengah akan melihat bulan melintas tepat di depan Spica.

7. Konjungsi Venus dan Merkurius di Bulan Juni 2013
http://astronesia.blogspot.com/


Kamis, 20 Junisetelah matahari terbenamIni akan menjadi kesempatan terbaik untuk melihat Merkurius di bulan inihanya 2 derajat di bawah Venus yang terang di langitmalam.


8. Peralihan Musim Panas, Juni 2013


Jumat, 21 Juni01:04 EDTMatahari mencapai posisi paling utara yang menandaipertengahan musim panas.
Berkumpul di sekitarnya adalah empat dari delapan planet(Venus, MerkuriusJupiter dan Marsdan planet kerdil (mantan asteroidCeres.KecualiMerkurius berada di sisi yang jauh dari matahari.

9. Super Moon Di Bulan Juni 2013


Sabtu, 22 Junimatahari terbenam. Tahun ini bulan purnama terbesar tahun ini akan terjadi pada tanggal 22/23Orbit elips bulan itu membawanya dekat dengan Bumi di beberapa titik setiap bulanyang disebut perigee.
Ketika perigee jatuh dekat denganbulan purnamaseperti halnya pada 23 Juni pukul 7 pagi EDTkita mendapatkan apa yang disebut "supermoon."

Jangan Sampai ketinggalan ya :) 

Sumber : http://astronesia.blogspot.com/2013/06/daftar-fenomena-astronomi-juni-2013.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar